Selamat Datang di Makassar


Makassar adalah Ibu Kota Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat menarik, pulau-pulau eksotis, pantai yang indah, kesenian yang atraktif, hiburan, dan kuliner khas. Makassar juga merupakan pintu gerbang wisata lainnya di Sulawesi, seperti Tana Toraja, Bunaken, dan Wakatobi.

Makassar dapat dijangkau melalui udara atau laut. Banyak penerbangan langsung ke Makassar, satu jam dari Bali dan Surabaya, dua jam dari Jakarta. dan tiga jam dari Kuala Lumpur. Info selengkapnya

Susur Sungai Tallo

SUNGAI Tallo adalah sungai yang membelah Kota Makassar. Menyusuri sungai yang sebagian masih tak tersentuh ingar bingar kota ini dapat menjadi wisata alternatif. Susur Sungai Tallo adalah menyusuri keindahan alam dan menapak tilas sejarah Kota Makassar.

Lokasi Obyek
Sungai Tallo memanjang ratusan kilometer dari wilayah pegunungan di Kabupaten Maros hingga Selat Makassar. Namun penyusuran dimulai dari sebuah dermaga di Kompleks Bukit Baruga, Antang, Kecamatan Manggala, dan berakhir di Dermaga POPSA, Jl Ujung Pandang, di pantai Kota Makassar.

Gambaran Umum
Pemerintah Kota Makassar telah menetapkan Sungai Tallo sebagai jalur transportasi air. Menyusur sungai ini dilakukan dengan perahu tradisional dengan mesin tempel berkekuatan 50 PK atau lebih. Penyusuran ini memakan waktu sekitar satu jam dengan lintasan sepanjang kurang lebih enam kilometer.

Sungai Tallo masih cukup kaya dengan vegetasi. Tumbuhan air mendominasi sisi kiri dan kanan sungai. Hijau meneduhkan mata. Di beberapa bagian, kampung-kampung tradisional berbentuk rumah-rumah panggung masih terlihat. Penghuni menyapa setiap wisatawan yang lewat dengan ramah.


Di muara, pemandangan Selat Makassar segera menyambut. Wisatawan disuguhi pemandangan laut biru yang luas, kapal-kapal besar yang berlabuh di Pelabuhan Makassar, dan pulau-pulau kecil yang terlihat rimbun di kejauhan.

Dulu, Sungai Tallo adalah jalur transportasi utama yang menghubungkan pesisir dengan wilayah pedalaman Makassar. Kini, saat jalan-jalan kota menjadi sedemikian penuh, Sungai Tallo difungsikan sebagai jalur alternatif yang bebas kemacetan.

Tarif
Harga sewa perahu tradisional ditetapkan berdasarkan kesepakatan.


Sumber foto:
in-art.blogdrive.com
www.panyingkul.com

1 comments:

indera Wednesday, 13 May, 2009  

Kalo mau masuk ke dermaga - di dekat bukit baruga itu, lewt mana mas?

Post a Comment

Anda punya komentar terhadap tulisan ini?

Labels


  © Blogger template 'Contemplation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP