Selamat Datang di Makassar


Makassar adalah Ibu Kota Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki banyak tempat menarik, pulau-pulau eksotis, pantai yang indah, kesenian yang atraktif, hiburan, dan kuliner khas. Makassar juga merupakan pintu gerbang wisata lainnya di Sulawesi, seperti Tana Toraja, Bunaken, dan Wakatobi.

Makassar dapat dijangkau melalui udara atau laut. Banyak penerbangan langsung ke Makassar, satu jam dari Bali dan Surabaya, dua jam dari Jakarta. dan tiga jam dari Kuala Lumpur. Info selengkapnya

Makam Datu Ri Bandang

WAJAH Makassar dan kebudayaan yang terbentuk hingga saat ini tidak lepas dari peran seorang ulama Minangkabau, Dato Ri Bandang. Ulama inilah yang memperkenalkan orang Makassar kepada Islam. Jazad ulama besar ini pula terbaring di Makassar.

Artikel ini telah dipindahkan ke lokasi ini...

SEJARAH SINGKAT DATO RI BANDANG

Nama asli Dato Ri Bandang adalah Abdul Makmur. Ia adalah ulama Minangkabau, tepatnya berasal dari Kota Tengah, Padang Barat (Sumatera Barat), yang tiba di Makassar pada bulan September 1605. Misinya datang ke Makassar adalah menyebarkan syariat Islam.

Dato Ri Bandang datang bersama dua ulama Minangkabau lainnya, yaitu Sulaiman yang dijuluk Dato Patimang dan Abdul Jawad yang dijuluk Dato Di Tiro. Atas dasar pemahaman terhadap wilayah-wilayah kekuasaan para raja di daerah ini, ketiga dato ini menyebar. Dato Ri Bandang menetap di Makassar. Sedangkan Datu Patimang dan Dato Di Tiro pergi ke ke Luwu dan Bone.

Hanya butuh waktu dua tahun bagi Dato Ri Bandang untuk berinteraksi di Makassar. Pada tahun 1907, Mangkubumi Tallo, I Mallingkang Daeng Manyonri Karaeng Katangka, memeluk Islam. Disusul kemudian oleh Raja Gowa XIV, I Mangngarangi Daeng Manrabia, yang kemudian bergelar Sultan Alauddin.

Pada hari Jumat, 9 November 1607, untuk pertama kalinya rakyat Tallo menggelar salat Jumat, sekaligus sebagai deklarasi bahwa Islam telah menjadi agama resmi Kerajaan Makassar (Gowa-Tallo). Masjid di mana salat Jumat pertama itu digelar saat ini masih kokoh berdiri. Hingga tahun 1611 seluruh kerajaan di Sulawesi Selatan resmi memeluk agama Islam.

Ada tiga masjid yang terkait dengan keberadaan Dato Ri Bandang sekaligus menjadi saksi sejarah pengislaman Makassar, yaitu Masjid Tallo di wilayah Kecamatan Tallo, Masjid Makmur Melayu di Jl Sulawesi, dan Masjid Katangka di Jl Syeh Yusuf.

1 comments:

Sisil Wednesday, 06 June, 2012  

Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

Post a Comment

Anda punya komentar terhadap tulisan ini?

Labels


  © Blogger template 'Contemplation' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP